Logat Makassar


Re post from Alstrojo 
MASKOT AYAM JANTAN DARI TIMURnya Makassar  :D
Yah.. Saya akan me-MAKASSAR-kan kalian semua, wahai pembacaku yang berada di luar SULAWESI! Apa salahnya kita belajar bahasa dari daerah lain. Saya paling malas yah, kalo ada orang Makassar yang ngomong pake ellu gue,  kalo menulis pake ellu gue di blog ka masih wajar-wajar ji karena masih memikirkan "pembaca saya juga ada yang dari luar".. tapi kalo ngomong ello gue? padahal ide'eh.. Bugis asli ji.., Oke lah kalo ma' ello gue ko di Jakarta.. Tapi kalo ma' ello gue ko di Makassar? Saya lemparko di sungai tello.. Tojengka!

Ada lagunya Art2Tonic saya suka! liriknya begini: nakana ellu gue... ellu ellu gue gue.. biar sama kucingmu.. nu sikat ellu guee....

Saya saja yang blesteran begini (ehem!) senang sekali bernari-nari ka dengan  Bahasa Makassar! HIDUP BAHASA MAKASSAR!!! YEAH YEAH! Oke mari kita mulai.. Di Part One ini, saya kasih dulu bahasa standar-standar yah!! YUKS MARII.. Nanti ini postingan saya taro' ji di sidebar bagian bawah diatas CBOX. 

BAHASA MAKASSAR GAUL #1
(nantikan #2 nya!)

Sebelum memulai pelajaran ini, mari kita berdoa dulu. Bersama. AMIN!! Sebelum yang gaul-nya! Ada baiknya kalo kita pelajari dulu yang standar..

1. KI'
Ki' kepanjangan dari Kita/Kita' atau Kita(k) yang berarti KAMU. Tapi lebih sopan. Contoh penggunaan dalam kalimat: DIMANAKI'? artinya: Kamu dimana? Biasa digunakan untuk orang yang lebih tua karena lebih sopan. DAN KALO ADA ORANG YANG LAGI PDKT sama kau, kentara sekali.. Kalo misalnya nah.. ada cowok yang pake Ki' Ki'.. ada kemungkinan dia naksir dan bicara terlihat sopan.. Tapi jangan GR dulu.. Banyak mi sekarang anak muda pake Ki' dengan sesamanya.. Karena memang agar terlihat sopan :)

2. KO
Sama ji juga dengan Kamu.. Cuma ini bukannya kurang sopan, cuma lebih akrab. Biasa digunakan buat teman-teman contoh: Woy.. Mauko kemana? artinya: Woy.. Kamu mau kemana? Sama ji kayak anak Jakarta.. Cuma mereka kan pake 'Elo!' Kalo di Makassar dia pake' 'KO!' Begitu .. Jangan pernah pake KO ke orang tua, guru, dosen, atau yang lebih tua.. TIDAK SOPAN!!

3. OKKOTS
Orang Makassar itu kebiasaan dengan kata OKKOTS, apa itu OKKOTS? kelebihan G dan kekurangan G. Saya mengambil contoh dari blognya Benjen.
Contoh: ayo pergi makanG deh.. sudah itu pulan miki.. arti: ayo pergi makan.. sudah itu kita pulang..  *HIDUP OKKOTSS!! YEAH.. jangan malu untuk ber-OKKOTS, temanG-temanG!!

4. MI / JI ..
Mi dan Ji itu seperti imbuhan.. contoh: AYO'MI! itu artinya seperti AYO LAH!! Kalo imbuhan JI, contoh penggunaan kalimatnya seperti ini: Huma ji yang kesana.. artinya: Cuma Huma yang kesana..

5. Tawwa..
Tawwa itu seperti pujian buat orang atau biasa digunakan untuk menggodai orang. Contoh dalam kalimat: CIE TAWWA.. YANG JADIAN! artinya: cieee yang udah jadian.. atau.. Liatko tawwa Si Beni.. Bagus nilainya artinya: Liat tuh Si Beni.. Bagus nilainya!!

6. Anu..
Oiya, jangan heran kalo orang sini doyan bilang ANU.. Anu ini bukan anu yang  macam-macam.. Kadang-kadang ANU, dipake kalo misalnya orang itu sedang lupa atau memikirkan kata apa yang mau diucapkan.. contoh: Aduh itueee.. Si Anu.. Saya lupa namanya.. 

7. Kodong
Kodong itu buikan singkatan dari kedondong.. Kodong itu ekspresi kesedihan atau kekecewaan. Contoh: Hilang dompetku KODONG.. hiksss!! Terus balasan yang cocok untuk ekspresi diatasa adalah: Kodong! Hilang dompetmu? Selama' yaaa!! (ajaran sesat jangan ditiru!)

8. WE!!
Gaya memanggil orang Makassar, biasanya kan HEY! , kalo di Makassar terkenal dengan WE-nya! Contoh: WE HUMA!! 

Oke mungkin diatas baru yang standar-standarnya! Mari kita mempelajari  beberapa kosakata bahasa Makassar GAUL *Mohon maaf kalo ada orang Makassar yang baca ini, terus ada yang kurang.. Saya cuma manusia biasa ji kasianGGG!! oke, artinya saya pake bahasa gaul Indonesia (bahasa Jakarta. Selama' yah!!) Buat anak Jakarta yang baca.. peace out man.. mari kita tukar kebudayaan :)

9. BEDE'
BEDE' (cara bacanya BEDE' -E.nya sama dengan penyebutan kata tempe)
itu sejenis kalimat tambahan untuk kata 'KATANYA'..
contonya dalam kalimat.. katanya bede' justin bieber joget sambil kayang! ,kalo diartikan jadinya: eh katanya justin bieber, joget sambil kayang lho!

1. Apa deh!! artinya: Apaan sih?
2. Angngapeko? artinya: Elo kenapa?
3. Asala' kau ji, artinya: Terserah kamu aja deh!
4. Ambe' mua mi.. artinya: Ambil aja semua!
5. Allengasemmi, artinya: Ambil aja semua!
6. Apa mi poeng.. Terlanjur mi, artinya: yowes.. udah terlanjur juga..

7. Bella naaaa, artinya: JAUHnyaaaa..
8. Bagaya ee, artinya: banyak gaya lo!
9. BAGA, artinya: Bodoh! 
10. Ballisikku kawee, artinya: aku sebel tau!
11. Bedededeh, artinya: WAH!
12. BAKKA'na! artinya: besarnya!

13. Calleda', artinya: genit atau banyak gaya!
14. Candoleng-doleng, artinya: kalo nda salah sih ini nama penari di daerah SulSel cuma dibawakan sama banci *KATANYAAAAA...
15. Cipuru' ka, artinya: saya lapar
16. Cesss, artinya: teman!

17. Dongo', Dompala' dan Dondolo'.. artinya: Bodoh, bego ,dkk *agak kasar!
18. Dahsyatnya arrakadaaa'! artinya: alamak! dahsyatnya *bahasanya mama'ku!
19. EPEN kah? artinya: Emang Penting?
20. Ededeh! artinya: seruan kalo misalnya lagi mengeluh. Contoh: Ededeh! Sakitnya! Yah sodaraan  sama kata "Aduh!"

21. KAMASE/KAMASEANG artinya: KASIAN! *selalu muncul di postingannya Alstrojo
22. Kenapsko? artinya: Kenapa kamu? *kenapa digaulkan menjadi KENAPS?
23. Kampudess artinya: Kampungan
24. Lale na inie artinya: Kamu genit ah! Lale itu genit
25. Lannya' artinya: Hilang

26. Manyyu'! artinya: *ungkapan kekesalan
27. Nganre artinya: Makan
27. Pergima!! artinya: Saya pergi!!
28. Patardes artinya: bohong!
29. Palla' na! artinya: Jagonya!
30. Palukka' artinya: pencuri

31. Rantasa' artinya: jorok
32. Rotasa' artinya: berantakan, jorok
33. Rapa-rapa dudukoo, artinya: kamu sih.. tergesa-gesa!
34. Sante mako nah! artinya: eh elo sante aja kaleee..
35. Tanja' na e.. artinya: muka'mu.
36. Tabe'! artinya: permisi!

37. Talekang, artinya: banyak gaya
38. Tappu'ma artinya: saya sudah putus.. Tappu itu kebalikan kata dari latto'.. latto' artinya jadian
39. Upa'! artinya: untung besar
40. Ta'bangka! artinya: KAGET!
41. Ya dendeeee artinya ekspresi menakut-nakuti, contoh: Ya dendeee ada setanGG di belakangnu!
42. Lending artinya : berduaan dgn pacar(pacaran)
43. Pangrasuh-rasuh artinya : nakal/brutal/bengal
44. Nassa mi artinya : sudah pasti
45. Kamaseangna artinya : Kasihannya
46. Tinro/Katinroang artinya : Tidur/Tempat Tidur 
47. Mempo/Pamempoang artinya : Duduk/Tempat Duduk
48. Sari'battang artinya : Saudara
49. Pa'sari'battangngang artinya : Persaudaraan
50. Mangge/Ammak artinya : Ayah/Ibu
51. Panra artinya : Rusak
52. Tena Doek artinya : Tidak Ada Uang
53. Battala' artinya : Gemuk
54. Gammara' na artinya : Bagusnya
55. Bambang' na artinya : Panasnya
56. Karoppo artinya : kerupuk atau snack 
57. Mas koke' koke' artinya : penjual mainan
58. Botto' artinya : Busuk
59. Tarattu artinya : kentut
60. Ikan Bolu artinya : Ikan Bandeng
61. Pete' Pete' artinya : Angkutan Kota
62. Kapang (bukan okkots ini na..begituji juga yg ku dengar) artinya : mungkin
63. Iyo artinya : Iya (Ini bukannya kurang sopan, cuma lebih akrab.)
64. Iye artinya : Iya (Lebih Sopan)
65.  Pore nu ! Artinya : Enak Aja !
66. Pocci Artinya : Pusar

67.Pace artinya : Seorang Ayah
68.Mace artinya : Seorang Ibu
69.Kace artinya : Seorang Kakak

Yah itu mo dulu nah! 69 kosakata bahasa Makassar! Soalnya banyak sekali... Buat anak Makassar yang mau menambahkan silahkan komen saja di postingan ini, ntar saya tambahkan di kosakata di postingan part 2 nya. Bagaimana? Sudah mengerti? Semoga iya!

Susah memang kalo mau belajar instan, harus banyak dan intens berkomunikasi dengan orang Makassar! Dijamin seminggu belajar, langsung bisa! Apalagi kalo bicara sama saya.. Hehehehe


Bilangan
.     0                                              nolo'/kosong/lobbang
.     1                                              se're
.     2                                              rua
.     3                                              tallu
.     4                                              appa'
.     5                                              lima
.     6                                              annang
.     7                                              tuju
.     8                                              sagantuju/sangantuju
.     9                                              salapang
.     10                                            sampulo
.                                                    
.     11                                            sampulos se're
.     12                                            sampulong rua
.     13                                            sampulong tallu
.     14                                            sampulong ngappa
.     15                                            sampulong lima
.     16                                            sampulong ngannang
.     17                                            sampulong tuju
.     18                                            sampulos sagantuju/sampulong sangantuju
.     19                                            sampulong salapang
.     20                                            ruampulo
.     21                                            ruampulos se're
.                                                    
.     100                                          sibilangngang
.     101                                          sibilangngang asse're
.     102                                          sibilangngang anrua
.                                                    
.     1000                                        sisabbu
.     1001                                        sisabbu asse're
.     1002                                        sisabbu anrua
.                                                    
.     2001                                        ruassabbu asse're
.     2012                                        ruassabbus sampulo anrua


BAHASA UANG...
Limpu' = Limampulo = Limapuluh = 50
Sibi' = Sibillangngang = Seratus = 100
Limbi' = Limabillangngang = Lima ratus = 500
Sisa' = Sisa'bu = Seribu = 1000
Limsa' = Limassa'bu = Lima Ribu = 5000

SINGKATAN JADUL MAKASSAR #1
Re post from ****__*

HITACHI = HITAM TAPI CINA
ADIDAS = ANAK DIDIKAN DAENG SANGKALA
SALEMBA = SAMPING LEMBAGA
SSB = SENTER SENTER BELLA
ANTON SAKURA = ANDI TONRO SAMPING KUBURAN
LOTTO = LOMPO TINGGI TOLO TOLO
JAGUNG BAKAR = JALAN GUNUNG BAWAKARAENG
SANTOL = SANNA TOLONA
ANAK BELANDA = ANAK BELAKANG DAYA
REXY = REMAJA SEXY
JARUM SUPER = JARANG DIRUMAH SUKA PERGI
ANLOR = ANAK LORONG
SWISS = SEPUTAR WILAYAH SUNGAI SADDANG
COLEXPA = COMPLEX PATOMPO
ASMAT = ASRAMA MATTOANGING
INTEL = INDOMI TELUR
KALPANAS = KAU PALLU NAKKE ASSASSA
BANDUNG = BARABBA SAMPING BENDUNGA
P4 = POPPO – PARAKANG – PANGISO PALLO
BIDOSTO = BIKIN DOSA BARU TOBAT
ARSENAL = ANAK RAPPOCINI SEBELAH KANAL
BMW = BODY MENGALAHKAN WAJAH
BATMAN = BATTALA MANIS
MALBORO = MALLA DI BORONGI
BATKEM = BATTU’ KEMAE
MUKTAR LUBIS = MUKA TABONGKAR LUAR BIASA
PATOL = PA BAMBANGAN NA TOLO’
MABOK = MAKASSAR BISA TONK JI
SIMATUPANG = SIANG MALAM TUNGGU PANUMPANG ( DAENG BECA’ )
SKSD = SOK KENAL SOK SEKAT
LAMBERTUS = LAMBAT BERTERUS TERANG
MUNTABER = MUNDUR TANPA BERITA
BUGIS = BANYAK UANG GANTI ISTRI
KORDOBA = KORO KOROANG DOMPALA BALALA
ADIBA = ANAK DIDIKAN DAENG BASO

GANG POTLOT = GANG PONGTIKU LORONG TUJUH
VIRGO = VINGGIR GOT (samping kanal maksudnya)
ERNIPALA = ERO NIKANA PECINTA ALAM
HIMADIPO = HIMPUNAN MAHASISWA DIBAWAH POHON
TITI PUSPA = HATI HATI PUPPUSU KAKINNU
KUHP = KALAU ADA UANG, HABIS PERKARA
JUVENTUS = JURUSAN VETERAN TERUS TERUS
SAKURACHI = SAMPING KUBURAN CHINA
PRANCIS = PERAMPATAN MACCINI SAWAH
BARBIS = BARUMBUNG HABIS
BURHANUDIN = BRONCONG HANGAT DAN UBI DINGIN
PRIMUS = PRIA MUKA SUSAH
UDIN = UBI DINGIN / UNIVERSITAS HASANUDDIN
ARTIS = ANAK RANTASA TENA SIRI’NA
UMI = UDAH MAKAN ILANG MI
BTP = BELAKANG TERMINAL PANAIKKANG
AGUS = AGAK GUNDUL SEDIKIT
SUMITRO = SUDAH MAKAN MINTA ROKOK
ROMANTIS = ROKOK MAKAN GRATIS
IS EL = ISSENG ALE MU
FARMASI = FARSATUAN MAHASISWA MAJJA SISSI’NA
REKTOR = REKAN KITA DARI TATOR
ANGIN MAMIRI = AKU INGIN MAHASISWA MIRIP RHOMA IRAMA
PECIDA = PETE PETE CINTA DAMAI
APOTIK KIMIA FARMA = ANAK PONDOKAN TIDAK KAYA,KIRIMANNYA INDOMI KASIAN,FADISNYA TERASA MAMA
ANTANIJA = ANAK TEA NI JAMPANGI
KIBATA = KIPAS BARU TANYA
GAMUSSU = GABUNGAN MUKA MUKA SUSAH
SIBIL = SIBILANGNGANG
LIMBI = LIMA BILANGNGANG
SABU = SI SA’BU
LIMRAT = LIMA RATUS
BRASIL = BARAWAJA SAMPING TOL
IPTEK = IKATAN PEMUDA TERLAMBAT KAWIN
MGH = MOTERE GO HOME
CAKARNALIS = CAKKARADDU NA LISU
DUFAN = DUDUK DI FANTAI
BANDUNG = BANTAENG DEKAT GUNUNG
BUPATI = BUJANGAN KEPALA TIGA
GALAKTIKA = GABUNGAN LAKI LAKI TINRO KALENGKENG
PAMBERS = PAMMALI BERASA
KAMBOJA = KAMPUNG BORONG JAMBUA
SENEGAL = SERIKAT NELAYAN GALESONG

TABACCI = TA’ BANGKANA CIPURU’ NA
ERNITA = ERO TONG NIKANA TANTARA
ANTEBAS = ANA TENA BASSORO NA
LAMBAS = LAMMORO NA BASSORO
USU = UNIVERSITAS SAMPING UNHAS ( STIMIK MAKSUDNYA )
UDAYANA = UNIVERSITAS DI DAYA SANA ( UKIP MAKSUDNYA )
M.U = MINASA UPA
TUTI = TUKANG TIDUR
SMP = SUDAH MAKAN PULANG
PALOPO = PAMER LOBANG POCCI
AGUS = ANAK GUNUNG SALAHUTU
PERKUCI = PERKUMPULAN KULANTU CIDDU
SEKWILDA = SEKITAR WILAYAH DADA
BIMOLI = BIBIR MONYONG LIMA SENTI
MALPINAS = MALU MALU TAPI GANAS
GARONG = GADIS LORONG
BSS = BAYAR SENDIRI SENDIRI
ANGGOTA = ANAK GONDOLO TAI LASOA

ISTILAH JADUL MAKASSAR

Calleda = Orang yang suka cerita / supel sama orang
Ca Bondeng Bondeng = Gemuk dan Lucu
Haramka Kodong = Kalau sy salah, saya haram
Haram Matika = Kalau sy salah, saya haram
dan juga mati
Jammang2 Bukku = Pekerjaan tidak ada gunanya
Kanda-Kandala Ka = Kalau sy salah, saya kandala
Appoloe Ko = Terpaksa gigit jari
Takkaccing Ka = Tidak tahu bagaimana
Kunci Kunci Dunia = Kekayaan tidak ada duanya
Teaja = Saya tidak mau
Letteki Monas = Monas pindah di Makassar
Ci'da Ko = Rasakan
Ini Kawe' = Ah..Kamu ini
Sekke = Pelit
Janjang-i = Menatap dalam dalam
Nakke Tolo'na = Saya jagoannya
Isseng-i = Mana aku tahu
Tambai Samballu = Tambah sedikit kan langganan
Porennu = Kau mau enak
Na Lacci = Diambil Orang
Allei Cammo = Ambil ko nak
Pakkappala Tallang = Penipu / Pencopet dll
Maccing - i = Mantap / Bagus
Pacce - i = Tidak bisa diharap
Tanja na = Berkaca dulu baru bicara
Sare Bayao = Tidak ada nilainya / gagal

11 komentar:

  1. wuih lengkap mas kosakatanya, dari dulu saya tertarik buat belajar bhsa makasar! salam dari suku sunda ya mas, mari bertukar budaya :)

    BalasHapus
  2. Baku bombe, patoa-toai... Hehe..
    Makasih nah.. Banyakmi kulupa bahasa makassar sejak kutinggalkan makassar 20th lalu. Skr di grup bb sama tmn2 makassar suka bingungka baca tulisan tmn2ku, baru kalo kuminta ditranslate, na sengajai disalah2i. hehe.. tp blog ini sedikit banyak membantu.
    Keep it coming... :)

    BalasHapus
  3. Kalo spiji apa artinya itu daeng?

    BalasHapus
  4. Hahaha mantep juga kosakata logat Makassar ini, ampe singkatan dulu-dulu pun ada. :D

    Aku mau nyebarin kosakata dan singkatan-singkatan yang ada di Ternate, Malut ini.

    *singkatan:
    KOPASSUS: karibo paksa lurus
    KOSLET: kore sadiki leta (perkumpulan sebagian orang di kelasku saat SMP)
    GOLKAR: golongan karlota
    UGM: universitas Gambesi (Unkhair maksudnya, kadang disebut UGM Ternate)
    KANADA: Kasturian nae kadara
    JERMAN: Jerbus mania
    PARIS: Pasar Inpres [di wilayah Bastiong, dekat pelabuhan Bastiong]
    BANDUNG: Bacan daerah gunung
    LONTE: loncat tembok ("lonte" dalam arti yang sebenarnya sangat kasar artinya)
    KALBAR: kapala basar (ejekan dari sang kakak)
    RRI: rombongan roti isi (ini karya temen SMP aku, dan hanya aku ma dia ja yang tau)
    PORTUGAL: persatuan orang tua gatal (ini aku baru tau di blog, belum denger langsung)
    ABCD: aku bera calana dalam
    ABC: aku bera calana
    GBHN: gara-gara banci hancur negara
    CAMAT: cadangan mati
    BIMOLI: bibir monyong lima senti
    ARTIS: ada ruma tidor sabarang
    RETAK: remaja tanpa kekasih (sampai dibuat perkumpulan loh, ckckck)

    *kosakata anak muda:
    barurang: jalan-jalan tanpa tujuan, cuma sekedar jalan-jalan
    ngana me boke lagi: bisa aja kamu (standarnya "ngana me bole lagi"; aslinya "boke" berarti bekas luka atau luka yang membekas)
    ana-ente: aku-kamu
    adik-akak: adik-kakak (panggilan langsung; hanya pada kalangan anak muda)
    bet: mencuri
    kang: gila (dari bahasa Tidore)
    (sebagian kosakata sekarang cukup kasar di telinga orang tua, jadi saya tidak berani menulis di sini)

    *kosakata dulu-dulu:
    cingkarong: sejenis hewan
    kanal hati: tertarik
    bauni: menonton
    ... deng, ... me: kira-kira berarti "bukan ... , melainkan ...", tetapi lebih tegas

    #satu catatan:
    "laut" tetap berarti laut, sementara "lao" berarti arah ke tempat yang lebih rendah

    BalasHapus
  5. Wahhh, makasih nah, saya orang makassar tapi tidak tau bahasa makassar, sekarang tinggal ditempat yang tidak ada orang makassarnya, jadi senangku dapat ini blog. hahaha. banyak pade istilahnya orang makassar di' :D

    BalasHapus
  6. iya mantap tawwa blog na.saya mendukungmu mas bro

    BalasHapus
  7. terimakasih neh sudah mi kita postinkang ini semua,saya ji orang jawa tapi pengen sekali ka belajar bahasa makassar tapi susahna kowdong

    BalasHapus
  8. Lengkap Tauwa pejelasan'na tentang bahasa Makassar

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  10. Setauku.. epen, pace, mace dan kace itu bahasa Papua..

    BalasHapus